Published On: Thu, Feb 29th, 2024

Perdana, Kemenhub Gelar Joint Exercise Port Facilities Cyber Attack & Traffict Impact

The International Association of Ports and Harbours/IAPH launched it’s Cybersecurity Guidelines (foto:safety4sea)

Jakarta (Maritimnews) – Pelatihan dan simulasi International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) terhadap serangan dunia maya dan dampak lalulintas untuk pertama kalinya diprakarsai oleh Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bersama instansi terkait kepelabuhanan lainnya di Tanjung Priok. Kegiatan tersebut bertujuan mengantisipasi serta mengatasi gangguan, termasuk menjaga kelancaran arus barang di area pelabuhan, misal ketika mati-nya sistem Inaportnet.

Gelaran acara pelatihan bertajuk Joint Exercise ISPS Code Port Facilities Cyber Attack & Traffict Impact di Museum Maritim Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pada hari Kamis tanggal 29 Februari 2024, berlanjut pada aksi simulasi apabila terjadi system Inaportnet shut down di beberapa titik penting, antara lain Terminal Petikemas, Terminal Penumpang, Terminal Curah serta Terminal BBM/Gas area pelabuhan dengan meningkatkan Security Level.

Hadir dalam Joint Exercise ISPS Code tersebut, pihak Kedubes Amerika Serikat, Kedubes Australia, perwakilan Direktur Keamanan Siber dan Sandi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media dan Transportasi, Divisi Hubungan Internasional POLRI Up Ses NBC Interpol Indonesia, PT Pelindo (Persero) Regional 2 Tanjung Priok, Direktorat Tindak Pindah Siber Badan Reserse Kriminal, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta, Polairud Polda Metro Jaya, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, PT Pertamina Internasional Shipping, CSO PT Pelni (Persero), dan PFSO (Port Facility Security Officer), Tim IT Pelabuhan Tanjung Priok, serta CSO (Company Security Officer).

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Hubla Kemenhub, Jon Kenedi dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Joint Exercise cyber attack dan traffic impact dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok sebagai bukti nyata dari komitmen bersama untuk meningkatkan kerjasama lintas negara dalam menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah Maritim Indonesia.

Pelatihan ini memiliki nilai strategis yang tinggi, karena dapat memberikan kesempatan berbagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman guna menangani berbagai tantangan keamanan dunia maya yang mungkin saja terjadi di lingkungan kerja suatu terminal pelabuhan.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok, M Takwin Masuku menjelaskan, Joint Exercise merupakan program dari Direktorat KPLP dan dipilihlah KSOP Utama Tanjung Priok sebagai pelaksana kegiatan. Dimana posisi KSOP Utama sebagai PSO (Port Security Officer) bersama PSC (Port State Control) yang mengkoordinir seluruh PFSO (Port Facility Security Officer) seluruh Terminal.

Takwim mengakui bahwa kegiatan Joint Exercise ISPS Code Port Facilities Cyber Attack & Traffict Impact di Tanjung Priok memang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, maka kedepan pihak Regulator Pelabuhan berharap melalui kegiatan pelatihan bersama akan dapat bermanfaat terhadap antisipasi keamanan di seluruh area operasional pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan sekitarnya.

Ditegaskan Takwim, kegiatan pelatihan dan simulasi di pelabuhan Tanjung Priok akan dievaluasi, setelah kegiatan joint exercise harus selalu berkoordinasi dari sisi pengamanan pelabuhan. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (sabotase), tentu sudah siap siaga dan cepat tanggap untuk mengantisipasi gangguan system shut down karena komunikasi dari seluruh stakeholder di pelabuhan Tanjung Priok telah terbangun cukup baik.

(Bayu Jagadsea/MN)

About the Author

- Akun ini merupakan akun milik tim redaksi MaritimNews.com dan dikelola oleh tim. akun twitter @MaritimNewsCom

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

alterntif text
Connect with us on social networks
Recommend on Google
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com